Nikmatnya Lamang Durian, Malahan Jadi Idola Lebaran Tahun Ini,

Nikmatnya Lamang Durian, Malahan Jadi Idola Lebaran Tahun Ini,



Lamang Durian
Lamang merupakan makanan khas orang Padang atau Minangkabau yang terbuat dari beras ketan (beras pulut)dan santan kelapa. Selama ini, orang hanya mengenal lamang yang dimakan berpasangan dengan tapai. Namun, ternyata bagi masyarakat Minangkabau, lamang juga diserasikan dengan durian.

Bagi masyarakat Sumatera Barat lebaran kali ini terasa sangat berkah. Selain pelaksanaan yang dilakukan serentak juga bertepatan dengan musim durian. Tak bisa dipungkiri, durian merupakan buah favorit hampir semua orang. Rasanya yang khas dengan bau menyengat menjadi magnet bagi lidah setiap insan.

Uniknya, beberapa daerah juga memasak lamang dalam menyambut lebaran. Seperti, di daerah Pesisir Selatan, Lamang adalah menu utama yang disuguhkan pada tamu yang datang. Lamang adalah sejenis makanan khas dengan bahan baku beras ketan (beras pulut) dicampur dengan santan kelapa. Kedua bahan baku utama ini dimasukkan ke dalam buluh (sejenis bambu yang tipis) dan di diang pada api yang besar.

Lamang merupakan makanan yang paling serasi durian. Jauh mengalahkan ketan kelapa yang selama ini dipasangkan banyak orang.

Lamang yang merupakan makanan tradisi Ranah Minang hanya ada pada waktu tertentu saja. Kalau di Pesisir Selatan orang memasak lamang saat Maulud Nabi Muhammad saw, Jelang Ramadhan, Jelang Syawal (Idul Fitri) dan Jelang Hari Raya Idul Adha (Haji).

Selain pasangan serasi durian, Lamang juga dipasangkan orang Pesisir Selatan dengan Rendang. Karena saat balamang masyarakat juga membantai (memotong sapi). Malahan ada juga orang memasangkan lamang dengan minuman mengandung gas seperti fanta atau limun. Semua itu, tentu saja tergantung selera.

Ingin menikmati Lamang Durian, silahkan kunjungi Pesisir Selatan. Apalagi daerah ini juga telah mendunia lantaran terkenal dengan objek wisatanya. Ada Mandeh di Tarusan, Jembatan Aka dan Bayang Sani di Bayang Utara dan Pantai Carocok di Painan serta destinasi wisata lainnya. Malahan juga ada Pantai Tan Sridano di Batang Kapas.

Rasanya memang kurang lengkap berwisata kalau tidak dilengkapi dengan Lamang Durian. Lamang, juga ada dijual di berbagai pasar tradisional, seperti pasar Tarusan, Pasar Baru Bayang atau pasar lainnya.


Lamang juga bisa didapatkan di sepanjang jalan dekat Pasar Alai Kota Padang ke arah Padang Baru. Karena di kawasan ini para pedagang Lamang berjualan secara rutin.

Related

Ragam 3091854296164146181

Post a Comment

emo-but-icon

Translate

Terkini

loading...
loading...
item